Layanan Prima Perusahaan Jasa Kurir demi Genjot Omzet UMKM


SURABAYA, KOMPAS - Bisnis jasa kurir atau pengiriman barang terus berkreasi agar bisa memberikan pelayanan prima bagi konsumen, terutama sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM).  Untuk membidik UMKM, PT Jagad Total Logistic (JTL) Express, perusahaan jasa kurir meluncurkan JTLShop secara dalam jaringan atau online.

Pengembangan bisnis ini menurut Head of Network Development JTL Express, Yusuf Nurul Hadi di Surabaya, Jumat (16/4/2021) untuk memudahkan pelaku UMKM agar bisa naik kelas berjualan secara global, aman, nyaman dan tepat waktu sampai ke pelanggan.

"Peluncuran JTLShop bukti komitmen JTL Express terhadap tumbuh dan berkembangnya UMKM, yang mana pada gilirannya memberikan kemudahan pelanggan untuk berbelanja secara daring," katanya.

Yusuf Nurul menjelaskan JTLShop platform canggih yang mampu membuatkan toko online berbasis laman dilengkapi beragam fitur, seperti Cash on Delivery (COD) dengan harga minimalis. JTLShop juga mengakomodasi UMKM untuk memperoleh trafik penjualan lewat posting iklan.

Dengan sistem ini pelaku UMKM bisa mengunggah produk yang dijual agar bisa melayani pelanggan secara global. Pembuatan toko daring sangat mudah dan dibuat untuk membantu UMKM.

"Kami menyediakan layanan pelatihan berkala, asistensi pendampingan dan kegiatan berbasis komunitas yang akan memantapkan derap langkah pelaku UMKM untuk segera meramaikan perdagangan global,” kata Yusuf Nurul.

Selain itu, tambahan fitur yang menggiurkan di JTLShop, bisa menambah eksistensi di kancah era digitalisasi yang  transaksi daring terus meningkat. Fitur yang memungkinkan pelaku UMKM untuk meningkatkan penjualan secara organik  dengan bantuan integrasi lewat kanal optimasi media sosial.

Kanal yang bisa dimanfaatkan itu WhatsappInstagramFacebook hingga menggunakan periklanan berbayar yang populer antara lain Fbads dan Google Ads. Semua kanal ini untuk meningkatkan interaksi pelanggan terhadap produk pelaku UMKM.

Kami menyediakan layanan pelatihan berkala, asistensi pendampingan dan kegiatan berbasis komunitas yang akan memantapkan derap langkah pelaku UMKM untuk segera meramaikan perdagangan global (Yusuf Nurul Hadi)

Selanjutnya, JTLShop juga memiliki fitur pengelolaan antara lain, order masuk dari pelanggan. Sehingga pengalaman belanja pelanggan benar-benar menyenangkan. Kemudian, fitur pengelolaan reseller.

“Tambahan tenaga penjual akan menambah laris manisnya penjualan UMKM kini bisa dikelola secara apik. Untuk produk, JTLShop memberikan kemudahan pengelolaan  dalam satu gudang maupun banyak gudang untuk penyimpanan stok produknya,”tambahnya.

Satu genggaman

Kelengkapan fitur dan semua layanan JTLShop berada dalam satu genggaman melalui aplikasi gawai yang siap diunduh oleh pelanggan. Pelanggan langsung bisa berbelanja secara nyaman karena bisa melakukan pembayaran di tempat dan aman karena setiap pengiriman barang ke pelanggan akan langsung menjadi tanggung jawab JTL Express ntuk melakukan pengantaran hingga ke rumah pelanggan.

Pengantaran yang cepat, kata Yusuf Nurul merupakan fitur unggulan dari JTL Express yang membuat para pelaku UMKM kepincut menggunakan jasa ekspedisi dalam dua bulan terakhir. Terbukti, hingga saat ini, tercatat lebih dari 540.000 kiriman tersampaikan dengan baik kepada pelanggan di seluruh Indonesia.

Kiriman paket tersebut hanya berasal dari 58 persen kontribusi aktif dari jaringan penjualan kami yang telah merata di seluruh pelosok Indonesia. Maka ke depan perusahaan menambah titik layanan baru di sejumlah kota untuk meningkatkan angka kontribusi jaringan aktif sehingga performa layanan JTL Express benar-benar berkualitas dan tepat waktu kepada seluruh lapisan pelanggan.

Integrasi sistem JTL Express ke berbagai platform daring pelanggan juga makin dipermudah, berkat kerjasama dengan platform agregator jasa layanan pengiriman yakni KIRIMINAJA, termasuk dengan gateway Info Pengiriman, RajaOngkir.

Menurut  Chief Executive Officer JTL Arief Effendy, layanan prima kepada pelanggan tidak luput dari konsitensi koordinasi operasional dan analisa terhadap kebutuhan bisnis distribusi barang ini. Terlebih menghadapi musim liburan Ramadhan dan menjelang Lebaran 2021, ditambah lonjakan kiriman dari UMKM karena peluncuran JTLShop. "JTL Express sudah menyiapkan satu fasilitas gudang di kawasan Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo," katanya.

Fasilitas gudang memiliki luasan 1500 meter persegi dilengkapi beragam fasilitas  untuk menjadikan solusi bagi UMKM di Jawa Timur sehingga barang lebih cepat sampai dan membahagiakan pelanggan.

Arief Effendy menambahkan gudang yang beroperasional 24 jam, bahkan saat musim liburan bisa menjadi pintu gerbang kiriman melalui moda transportasi darat, laut, dan udara. Surabaya maupun Jawa Timur merupakan pangsa pasar yang sangat potensial bagi bisnis jasa kurir karena cukup strategis sebagai lalu lintas perdagangan nasional, terutama di Pulau Jawa.

Menurut CEO Shafira Andi Alamsyah, selama ini menggunakan jasa JTL Express untuk pengiriman barang dari dan ke luar negeri. "Pelayanannya cepat dan tanggap terhadap konsumen, barang pun tiba di tujuan lebih cepat dari estimasi sebelumnya termasuk dari luar negeri," ujarnya.


Artikel ini telah tayang di kompas.id dengan judul Layanan Prima Perusahaan Jasa Kurir demi Genjot Omzet UMKM,

https://www.kompas.id/baca/ekonomi/2021/04/16/perusahaan-jasa-kurir-memberikan-layanan-prima-untuk-menggenjot-omzet-umkm

Oleh: Ambrosius Harto