Layanan Prima Perusahaan Jasa Kurir demi Genjot Omzet UMKM
SURABAYA, KOMPAS - Bisnis jasa kurir atau pengiriman barang terus berkreasi agar bisa memberikan pelayanan prima bagi konsumen, terutama sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM). Untuk membidik UMKM, PT Jagad Total Logistic (JTL) Express, perusahaan jasa kurir meluncurkan JTLShop secara dalam jaringan atau online.
Pengembangan bisnis ini menurut Head of Network Development JTL Express, Yusuf Nurul Hadi di Surabaya, Jumat (16/4/2021) untuk memudahkan pelaku UMKM agar bisa naik kelas berjualan secara global, aman, nyaman dan tepat waktu sampai ke pelanggan.
"Peluncuran JTLShop bukti komitmen JTL Express terhadap
tumbuh dan berkembangnya UMKM, yang mana pada gilirannya memberikan kemudahan
pelanggan untuk berbelanja secara daring," katanya.
Yusuf Nurul menjelaskan JTLShop platform canggih yang mampu membuatkan toko online berbasis laman dilengkapi beragam fitur, seperti Cash on Delivery (COD) dengan harga minimalis. JTLShop juga mengakomodasi UMKM untuk memperoleh trafik penjualan lewat posting iklan.
Dengan sistem ini pelaku UMKM bisa mengunggah produk yang
dijual agar bisa melayani pelanggan secara global. Pembuatan toko daring sangat
mudah dan dibuat untuk membantu UMKM.
"Kami menyediakan layanan pelatihan berkala, asistensi pendampingan dan kegiatan berbasis komunitas yang akan memantapkan derap langkah pelaku UMKM untuk segera meramaikan perdagangan global,” kata Yusuf Nurul.
Selain itu, tambahan fitur yang menggiurkan di JTLShop, bisa
menambah eksistensi di kancah era digitalisasi yang transaksi daring
terus meningkat. Fitur yang memungkinkan pelaku UMKM untuk meningkatkan
penjualan secara organik dengan bantuan integrasi lewat kanal optimasi
media sosial.
Kanal yang bisa dimanfaatkan itu Whatsapp, Instagram, Facebook hingga menggunakan periklanan berbayar yang populer antara lain Fbads dan Google Ads. Semua kanal ini untuk meningkatkan interaksi pelanggan terhadap produk pelaku UMKM.
Kami menyediakan layanan pelatihan berkala, asistensi pendampingan dan kegiatan berbasis komunitas yang akan memantapkan derap langkah pelaku UMKM untuk segera meramaikan perdagangan global (Yusuf Nurul Hadi)
Selanjutnya, JTLShop juga memiliki fitur pengelolaan antara
lain, order masuk dari pelanggan. Sehingga pengalaman belanja pelanggan
benar-benar menyenangkan. Kemudian, fitur pengelolaan reseller.
“Tambahan tenaga penjual akan menambah laris manisnya penjualan UMKM kini bisa dikelola secara apik. Untuk produk, JTLShop memberikan kemudahan pengelolaan dalam satu gudang maupun banyak gudang untuk penyimpanan stok produknya,”tambahnya.
Satu genggaman
Kelengkapan fitur dan semua layanan JTLShop berada dalam
satu genggaman melalui aplikasi gawai yang siap diunduh oleh pelanggan.
Pelanggan langsung bisa berbelanja secara nyaman karena bisa melakukan
pembayaran di tempat dan aman karena setiap pengiriman barang ke pelanggan akan
langsung menjadi tanggung jawab JTL Express ntuk melakukan pengantaran hingga ke
rumah pelanggan.
Pengantaran yang cepat, kata Yusuf Nurul merupakan fitur unggulan dari JTL Express yang membuat para pelaku UMKM kepincut menggunakan jasa ekspedisi dalam dua bulan terakhir. Terbukti, hingga saat ini, tercatat lebih dari 540.000 kiriman tersampaikan dengan baik kepada pelanggan di seluruh Indonesia.
Kiriman paket tersebut hanya berasal dari 58 persen
kontribusi aktif dari jaringan penjualan kami yang telah merata di seluruh
pelosok Indonesia. Maka ke depan perusahaan menambah titik layanan baru di
sejumlah kota untuk meningkatkan angka kontribusi jaringan aktif sehingga
performa layanan JTL Express benar-benar berkualitas dan tepat waktu kepada
seluruh lapisan pelanggan.
Integrasi sistem JTL Express ke berbagai platform daring
pelanggan juga makin dipermudah, berkat kerjasama dengan platform agregator
jasa layanan pengiriman yakni KIRIMINAJA, termasuk dengan gateway Info
Pengiriman, RajaOngkir.
Menurut Chief Executive Officer JTL Arief Effendy,
layanan prima kepada pelanggan tidak luput dari konsitensi koordinasi
operasional dan analisa terhadap kebutuhan bisnis distribusi barang ini.
Terlebih menghadapi musim liburan Ramadhan dan menjelang Lebaran 2021, ditambah
lonjakan kiriman dari UMKM karena peluncuran JTLShop. "JTL Express sudah
menyiapkan satu fasilitas gudang di kawasan Bandara Internasional Juanda
Surabaya di Sidoarjo," katanya.
Fasilitas gudang memiliki luasan 1500 meter persegi
dilengkapi beragam fasilitas untuk menjadikan solusi bagi UMKM di Jawa
Timur sehingga barang lebih cepat sampai dan membahagiakan pelanggan.
Arief Effendy menambahkan gudang yang beroperasional 24 jam,
bahkan saat musim liburan bisa menjadi pintu gerbang kiriman melalui moda
transportasi darat, laut, dan udara. Surabaya maupun Jawa Timur merupakan
pangsa pasar yang sangat potensial bagi bisnis jasa kurir karena cukup
strategis sebagai lalu lintas perdagangan nasional, terutama di Pulau Jawa.
Menurut CEO Shafira Andi Alamsyah, selama ini menggunakan jasa JTL Express untuk pengiriman barang dari dan ke luar negeri. "Pelayanannya cepat dan tanggap terhadap konsumen, barang pun tiba di tujuan lebih cepat dari estimasi sebelumnya termasuk dari luar negeri," ujarnya.