JTL Express Ramaikan Bisnis Jasa Kurir di Indonesia
SIDOARJO - Pandemi COVID-19 membawa berkah bagi
pelaku bisnis jasa kurir. Kebijakan pemerintah menerapkan physical
distancing, PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), Kebiasaan Baru (New
Normal) hingga yang paling baru Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Bermasyarakat
(PPKM) di sejumlah kota, membuat masyarakat menahan diri untuk tidak saling
bertemu.
Masyarakat lantas mengalihkan kegiatannya melalui
online, mulai dari belanja, mengantarkan barang, belajar, hingga bekerja.
Sebagai salah satu imbasnya, bisnis e-commerce mengalami pertumbuhan yang pesat.
Bank Indonesia (BI) mencatat,
hingga triwulan III/2020 (September), jumlah transaksi jual beli di e-commerce
mencapai Rp 180,74 triliun. Diprediksi di 2020, nilai transaksi melalui
perdagangan elektronik bisa menembus angka Rp 253 triliun.
Sejak 2017, bank sentral terus mencatat
pertumbuhan e-commerce yang sangat pesat. Tahun 2017, transaksi e-commerce
masih di angka Rp 44,75 triliun. Capaian itu naik dua kali lipat lebih di 2018
menjadi Rp 106,5 triliun. Begitu juga di 2019, juga mengalami pertumbuhan
sangat signifikan seiring semakin banyaknya market place dan terjadinya pergeseran
pola belanja, transaksi e-commerce menembus angka Rp 201 triliun.
Tingginya pergerakan bisnis
e-commerce telah menciptakan peluang yang besar bagi bisnis jasa kurir. Melihat
peluang positif itu, JTL Express hadir sebagai generasi baru kurir Express di
Indonesia dengan warna kuning cerah.
Komisaris Utama PT. Jagad Total Logistic (JTL)
Express Aan Purnomo mengatakan, manajemen perusahaannya didukung mitra
operasional dan mitra penjualan di seluruh Indonesia. Total hampir 300 cabang
ada di seluruh Indonesia, mulai Aceh hingga Papua.
“Kami memiliki mitra Point of Sales (POS)
terdaftar sejumlah 500 POS dan target 1.000 Mitra POS di bulan Maret 2021 ini
dan berpeluang memberikan lapangan pekerjaan kurang lebih 5.000 orang,” tegas
Aan dalam grand launching JTL Express, Sabtu (16/1/2021).
Ia menjelaskan, JTL Express
melayani dengan azas kerja sama untuk komitmen pelayanan terbaik dan harga
bersahabat sangat cocok untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). “Karena
kami memiliki produk non express yang sangat mendukung pengiriman barang
produksi usaha kecil dan menengah,” kata Aan dalam rilis yang diterima redaksi,
Minggu (17/1/2021).
Ditambahkannya, JTL Express memiliki layanan yang
sangat fleksibel dalam melayani pelanggan. Layanan Express Premium cocok untuk
pelanggan yang membutuhkan pengiriman ektra cepat. Layanan Express Reguler
cocok untuk pelanggan yang membutuhkan pengiriman cepat dan tepat. Layanan
Express Economy cocok untuk pelanggan yang membutuhkan pengiriman tepat dan
murah. Layanan Non Express cocok untuk pelanggan yang membutuhkan pengiriman
tepat dan sangat murah. JTL Express dengan tagline
“The Best Service From All To You” berkantor pusat
di Cluster Gardenia Jl. Nanas Utara II No. 21 Waru, Sidoarjo, Jawa Timur. JTL
Express memberikan solusi pengiriman dengan layanan terbaik dari semua untuk
Anda.
Terwujudnya JTL Express atas kolaborasi Arief
Effendy sebagai Chief Executive Officer, Baskoro Bayudi sebagai Chief Operating
Officer, Akhirun Nisa sebagai Chief Financial Officer, dan Apri Busthomy Dewa
Indaru sebagai Chief Technology Officer.
JTL Express berkomitmen untuk memberikan service
terbaik karena didukung oleh ahli kurir yang berpengalaman di wilayahnya. “Kami
hadir sebagai sahabat. Bukan sebagai pesaing bagi perusahaan express yang lainnya.
Karena Indonesia sedemikian luasnya sehingga perusahaan express yang ada harus
lebih bermanfaat buat banyak pihak. Kami sangat terbuka untuk menjalin
kerjasama dengan pihak lain,” tandasnya.
“Semoga kehadiran JTL Express di Indonesia
diharapkan bisa memberikan satu solusi di tengah situasi pandemi dan memberikan
manfaat kepada semua pihak,” pungkas Aan.
Chief Executive Officer JTL Express Arief Effendy
menambahkan, Surabaya maupun Jawa Timur merupakan pangsa pasar yang sangat
potensial bagi bisnis jasa kurir. Hal itu didukung oleh posisi Surabaya maupun
Jawa Timur yang sangat strategis di lalu lintas perdagangan nasional, terutama
di Pulau Jawa. Perannya yakni sebagai penghubung antara Indonesia Bagian Barat
dan Indonesia Bagian Timur.
“Lalu lintas barang dari barat yang mau ke timur
atau pun sebaliknya, tentu saja akan melewati Surabaya maupun titik-titik di
Jawa Timur. Nah, lokasi kita yang sangat strategis inilah yang menjadi nilai
tambahnya,” kata Arief.
Dengan keunggulan itu Arief optimistis kehadiran JTL Express akan semakin mewarnai bisnis jasa kurir nasional. Apalagi JTL Express tak hanya menjadikan UMKM sebagai target pasar, tapi juga mitra dalam membesarkan perusahaan. “UMKM itu perannya sangat penting. Mereka adalah target market yang luar biasa besarnya, tapi bagi kami UMKM juga bisa menjadi mitra yang baik,” ungkapnya.
Artikel ini telah tayang di daerah.sindonews.com dengan judul JTL Express Ramaikan Bisnis Jasa Kurir di Indonesia