5 Cara Branding Yang Efektif di Instagram
Saat ini banyak yang memanfaatkan Instagram sebagai ladang bisnis yang menguntungkan karena instagram merupakan platform sosial terpopuler hingga saat ini. Salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh Instagram adalah akun pribadi dapat diubah menjadi akun bisnis.
Akun bisnis pada instagram dapat dioptimalkan untuk membangun brand dengan memanfaatkan fitur iklan produk. Berikut ini beberapa cara branding yang efektif melalui instagram, yaitu :
1. Buat Akun Bisnis
Buat akun baru berupa akun bisnis untuk memulai branding Anda melalui Instagram. Akun bisnis menandakan bahwa anda adalah seorang yang profesional.
Anda memaksimalkan profil instagram dengan mencantumkan link/tautan ke website bisnis anda. Adapun kegunaan link/tautan ini adalah untuk menuntun calon konsumen Anda ke marketplace saat hendak membeli produk yang Anda tawarkan.
2. Melakukan Interaksi
Melakukan interaksi ke akun lain seperti memberikan like dan komentar positif maka orang yang membaca komentar anda akan penasaran dan melakukan kunjungan ke profil bisnis anda. Hal ini membuka peluang agar follower Anda semakin bertambah.
Interaksi yang tidak kalah penting adalah membalas dengan jelas dan sopan komentar yang menanyakan informasi detail tentang produk maupun bila ada konsumen yang mengirimkan complain. Anda juga dapat meminta usulan tentang campaign bisnis Anda selanjutnya kepada followers. Interaksi seperti ini merupakan cara branding yang sering di abaikan oleh pengguna akun bisnis.
3. Rutin Posting Produk
Rutinitas yang dapat anda lakukan untuk menaikkan traffic pengunjung dan pembeli yaitu dengan rutin mengupdate postingan setiap hari. Hal ini menandakan bahwa akun bisnis anda adalah akun yang aktif dan banyak peminatnya. Pilihlah schedule yang tepat untuk memposting produk Anda agar banyak yang melihat produk anda.
Supaya followers Anda tidak merasa bosan, buatlah variasi konten seperti : Giveaway, tips-tips, konten lucu dan konten menarik lainnya.
4. Buat Konten Yang Menarik dan Kreatif
Sebagian dari para pebisnis rela mengeluarkan modal lebih untuk memanfaatkan jasa fotografer profesional agar konten berupa gambar maupun video terlihat lebih profesional. Akan tetapi, anda juga dapat mengunggah konten kreatif dengan bantuan aplikasi.
5. Beri Hashtag Pada Tiap Postingan
Tagar yang populer dengan sebutan hashtag merupakan cara branding produk yang efektif bagi Anda yang baru memulai bisnis pada Instagram. Fungsi hashtag pada umumnya adalah memudahkan pencarian informasi atau pengelompokan konten.
Produk anda dapat dilihat orang banyak melalui penggunaan hashtag yang konsisten dalam tiap postingan Anda. Selain itu orang yang ingin mencari informasi tentang produk yang sejenis, apabila terlebih dahulu menemukan akun anda, berpeluang menjadi follower Anda.
Demikian penjelasan kami tentang cara branding yang efektif melalui Instagram.